Translate

Thursday 1 September 2016

Top 10 Urban Legend yang Terbukti Mitos

Urban Legend adalah legenda kontemporer yang sering dipercaya luas sebagai sebuah kebenaran. Biasanya disebarkan lewat mulut ke mulut.oleh orang tua atau sesama teman di sekolah atau tempat kerja. 10 urban legend di bawah ini mungkin pernah kalian dengar entah dari nenek, ibu, paman atau teman. Mungkin maksud mereka baik, namun terbukti hanya mitos. Apa saja itu?

  1. Kodok Dapat Menyebabkan Kutil
    Di zaman dulu, tidak ada yang tahu tentang virus, Karena kebodohan, kepercayaan orang-orang mulai muncul untuk menjelaskan munculnya kutil yang secara tiba-tiba pada orang yang sehat. Seorang anak yang terkena kutil di tangannya dipercaya karena telah memegang kodok atau dikencingi kodok. Orang-orang juga percaya bahwa benjolan-benjolan pada tubuh kodok dapat menular ke tubuh manusia serta mencuci tangan ke air yang sudah digunakan untuk menetaskan telur juga dapat menyebabkan kutil.

  2. Jangan Makan Sebelum Berenang
    Padahal sebenarnya akan lebih baik kalau kita makan dulu sebelum berenang, karena makan akan memberikan energi pada tubuh kita.
    Banyak perenang profesional itu ramping dan tidak mempunyai banyak lemak tubuh untuk dibakar, padahal mereka harus tetap prima untuk berenang. Karena itu mereka makan dulu sesaat sebelum berenang. Mitos ini mungkin dimulai oleh orang-orang yang makan berlebihan kemudian merasakan dampak dari makan berlebihan itu.

  3. Makanan Pedas Dapat Menyebabkan Maag
    Pada tahun 50-an dan 60-an, para dokter berpikir bahwa makanan pedas dapat menyebabkan maag sehingga menyebabkan banyak orang yang melakukan diet hambar. Namun pada awal tahun 80-an, para peneliti menemukan bahwa makanan pedas tidak menyebabkan maag, meskipun masih tetap bisa menyebabkan iritasi.
    Sensasi terbakar di perut Anda mungkin memang disebabkan oleh maag, namun bukan karena makan masakan India. Bisa saja itu terjadi karena Anda punya alergi atau terlalu sensitif terhadap sesuatu di karinya, atau Anda terkena asam refluks.

  4. Menonton TV Akan Merusak Penglihatan
    Mitos ini terus berlanjut karena pada tahun 60-an, General Electric (GE) memperkenalkan TV set berwarna baru yang memancarkan radiasi dalam jumlah yang sangat tinggi - sekitar 100.000 kali dari yang dianjurkan oleh dinas kesehatan.
    GE kemudian menarik kembali dan memperbaikinya, namun mitos ini masih tetap berlanjut hingga saat ini. Hal yang sama juga berlaku untuk membaca di tempat gelap atau minim cahaya - tidak satupun yang bisa merusak penglihatan Anda.

  5. Beri Makan Pada yang Kedinginan Namun Biarkan yang Demam Kelaparan?
    Membuat Anda lapar bukanlah jawaban yang benar. Mencoba membatasi asupan nutrisi, hanya akan menambah stres pada tubuh Anda yang saat itu sudah stres.
    Cerita ini dipercaya berawal dari kurangnya pemahaman terhadap proses penyakit. Pada saat itu orang-orang percaya ada 2 jenis penyakit - yang disebabkan oleh temperatur rendah (menggigil dan kedinginan) dan yang disebabkan oleh temperatur tinggi (demam). Jika Anda terkena demam, Anda tidak ingin badan Anda terlalu panas, sehingga Anda memotong sumber bahan bakar (makanan), sedangkan jika Anda menggigil kedinginan, Anda ingin menyalakan api di perapian, karena itu Anda makan.

  6. Membunyikan Sendi Jari Menyebabkan Arthritis
    Tidak ada penelitian atau bukti ilmiah yang menunjukan membunyikan sendi jari bisa menyebabkan arthritis. Namun ada dugaan bahwa hal ini dapat menyebabkan masalah pada sendi jari Anda di kemudian hari.

  7. Mencukur Menyebabkan Bulu Rambut Tumbuh Lebih Lebat
    Sebuah studi yang diterbitkan di Jurnal Anatomical Record menunjukan bahwa mencukur tidak berpengaruh pada laju pertumbuhan, warna dan tekstur bulu rambut. Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of Investigative Dermatology menemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam berat total rambut yang diproduksi pada area yang diukur, atau tingkat pertumbuhan rambut individu yang tumbuh setelah dicukur. Jadi jangan ragu untuk mencukur bila diperlukan.

  8. Saat Terkena Flu
    Walaupun flu dan pilek lebih umum terjadi di musim dingin dan hujan, namun flu yang disebabkan cuaca dingin itu hanyalah mitos.
    Menurut American Lung Association, infeksi ini terus bertahan karena memang waktunya virus-virus itu menyebar ke seluruh negeri. Hal ini semakin diperparah berkat orang-orang yang lebih memilih tetap berada di dalam ruangan dan berinteraksi satu sama lain, yang menyebabkan lebih cepat menularkan bakteri / virus tersebut.

  9. Wortel Dapat Meningkatkan Penglihatan
    Meskipun wortel merupakan sumber vitamin A yang bagus, namun tidak dapat meningkatkan penglihatan. Mitos ini dimulai saat PD II saat tentara Inggris menyebarkan rumor ini secara sengaja sebagai propaganda sekutu. Mereka berkata bahwa mereka memiliki penglihatan malam yang baik berkat memakan wortel. Mitos ini dimaksudkan untuk menutupi penemuan baru tentara Inggris yaitu radar terhadap tentara Nazi.
    Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk mata, namun banyak memakan wortel tidak akan meningkatkan penglihatan ataupun penglihatan malam Anda.
  10. Coklat Menyebabkan Jerawat
    Penyebab utama jerawat adalah penumpukan sel-sel kulit mati di dalam pori-pori kulit, kelebihan minyak pada kulit dan penumpukan bakteri. Tak satupun dari faktor-faktor ini yang dipicu atau terkait dengan jenis-jenis makanan yang dimakan.
    Juga perlu diperhatikan bahwa mengkonsumsi makanan berminyak tidak akan menyebabkan kulit Anda menghasilkan lebih banyak minyak. 
    Makanan berminyak, meskipun tidak terlalu sehat, tidak akan menyebabkan kulit berminyak dan / atau menghasilkan jerawat. Faktor terbesar dalam produksi minyak pada kulit adalah perubahan hormonal dalam tubuh seseorang.

No comments:

Post a Comment