Translate

Tuesday 6 September 2016

14 Urban Legend yang Terbukti Benar

Jika sebelumnya saya pos urban legend yang "hoax", maka sekarang saatnya untuk urban legend yang terbukti benar adanya. Apa saja itu? Let's check it out!
  1. Jauhi Dokter Dengan Satu Apel Sehari
    Semua orang tahu jika makan buah dan sayur setiap hari memang penting untuk kesehatan tubuh kita, tapi 1 apel sehari? Studi tahun 2013 menemukan bahwa jika semua orang yang berumur di atas 50 tahun di Inggris memakan apel sehari, maka mereka benar-benar akan terhindar atau menunda 8500 serangan jantung dan stroke per tahun. Jadi mari mulai makan apel!
  2. Bulan Purnama
    Selama berabad-abad orang tua percaya bahwa bulan purnama bisa membuat binatang ataupun manusia bersikap aneh.
    Secara umum, para peneliti belum membuktikan secara tegas bahwa perilaku, kesuburan dan tingkat kelahiran kita dipengaruhi oleh pola lunar. Namun salah satu studi menemukan bahwa kita akan merasa lebih sulit untuk tidur pada saat bulan purnama meski sudah berada di tempat yang gelap gulita sekalipun.
  3.  Mandi Air Panas Dapat Merusak Sperma
    Panas + Sperma = Ide Buruk. Sejak dulu para orang tua percaya bahwa sperma akan sulit untuk hidup di air panas, karena itu jika Anda merencanakan kehamilan dengan pasangan Anda maka jangan mandi air panas. Sains telah membuktikannya.
    Sebuah studi dari University of California di tahun 2007 mensurvei para pria yang secara rutin menghabiskan waktu 30 menit atau lebih untuk mandi air panas per minggu, dan hasilnya tingkat kesuburan mereka menurun hingga level terendah. Saat mereka diminta menghentikan kebiasaan itu, tingkat sperma mereka naik drastis - mencapai 461 persen setelah tiga hingga enam bulan.
  4. Hitung Domba Sebelum Tidur
    Meskipun belum ada studi ilmiah yang membuktikannya, penggunaan visualisasi atau imajinasi mental dapat membantu Anda memasuki alam mimpi karena dapat mengalihkan perhatian Anda dari pikiran cemas atau stres - yang umumnya dikaitkan dengan insomnia - sehingga Anda dapat lebih cepat tidur.
  5. Persalinan yang Panjang dan Sulit = Bayi Laki-Laki
    Kebanyakan mitos mengenai kehamilan dan kelahiran itu tidak benar adanya. Kita tidak bisa tahu dengan pasti apakah itu bayi laki-laki atau perempuan melalui buah dada, tingginya sang bayi berbaring atau seberapa banyaknya si ibu buang angin. Namun salah satu perkataan orang tua yang benar adanya adalah persalinan yang panjang dan intens itu artinya melahirkan bayi laki-laki. Hal ini juga dibenarkan menurut survei dari Rumah Sakit Bersalin di Dublin. Studi yang melibatkan 8000 kelahiran itu menemukan korelasi langsung antara jenis kelamin bayi dengan panjangnya proses persalinan.
    Sebuah studi di Irlandia tahun 2003 menyatakan bayi laki-laki umumnya lebih besar dan berat daripada perempuan. Bayi laki-laki juga memiliki kepala yang lebih besar sehingga lebih banyak dibutuhkan operasi caesar.

  6. Sup Ayam Sebagai Obat
    Meskipun tidak bisa sampai menyembuhkan flu, namun setidaknya dapat mengurangi gejalanya. Para ilmuwan menemukan bahwa sup ayam bisa mengurangi peradangan dengan memperlambat aktivitas sel darah putih yang bertanggung jawab dalam menyebabkan peradangan.
  7. Rasa Panas di Dada Saat Kehamilan Berarti Akan Mendapat Bayi yang Banyak Bulu
    Ada kepercayaan kuno yang mengatakan jika dada terasa panas saat hamil berarti akan melahirkan bayi yang memiliki banyak bulu. Sebuah studi di Universitas Johns Hopkins di Baltimore tahun 2007 secara mengejutkan menemukan bahwa sampel dari para wanita yang mengalami rasa panas ekstrim di dada melahirkan bayi yang memiliki jumlah bulu rata-rata lebih banyak daripada bayi pada umumnya.
    Mungkin terdengar aneh, namun para peneliti berteori bahwa ini disebabkan oleh hormon kehamilan. Pada tingkat yang lebih tinggi akan mempercepat pertumbuhan rambut dan mengendurkan otot kerongkongan, sehingga menyebabkan asam lambung.
  8. Ikan Merupakan Makanan Otak
    Kita sering mendengar orangtua kita memaksa kita memakan ikan. Kata mereka itu bagus untuk otak. Ternyata itu memang benar. Asam lemak, seperti omega-3 dapat meningkatkan konduktivitas antara sel-sel otak dan meningkatkan kinerja otak. Sebuah studi tahun 2014 menunjukan bahwa orang-orang yang selalu memasukan ikan pada menu makan sehari-hari mereka dapat meningkatkan volume otak mereka.
    Sebuah studi di Harvard baru-baru ini juga menemukan bahwa semakin banyak ikan yang dimakan ibu hamil di masa trimester kedua kehamilan mereka, maka bayi mereka juga akan semakin pintar. Namun perlu diperhatikan jenis ikan yang dimakan, karena saat hamil harus menghindari jenis ikan yang bermerkuri seperti ikan todak.

  9. Minum Alkohol Lagi Untuk Menyembuhkan Mabuk
    Merasa pusing setelah mabuk bahkan setelah bangun pagi? Beberapa orang menyarankan untuk minum lagi untuk menghilangkannya. Mitos ini ternyata benar. Penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi dosis kecil alkohol dapat meringankan gejala hangover setelah minum banyak semalam. Namun perlu diperhatikan bahwa cara ini dapat menimbulkan ketergantungan, dan setelah beberapa lama Anda akan kembali dehidrasi. Lalu apa cara terbaiknya? Minum segelas besar air sebelum tidur atau lebih baiknya jangan minum berlebihan!
  10. Coklat Dapat Meringankan Kram Pramenstruasi
    Ternyata ngidam coklat sebelum "dapet" itu bukanlah suatu kebetulan yang merusak pola makan sehat Anda, ada alasan fisiologis untuk hal ini.
    Studi menunjukan bahwa coklat mengandung nutrisi dan antioksidan seperti anandamide yang memiliki efek menenangkan dan menjaga kecemasan serta mood kita tetap seimbang. Jadi tidak perlu merasa bersalah memakan sepotong coklat lagi, tapi jangan berlebihan.
  11. Keju Dapat Membuat Mimpi Buruk
    Hasil survei studi yang dilakukan oleh British Cheese Board menunjukan bahwa sebagian besar dari 200 orang sukarelawan yang memakan berbagai jenis keju sebelum tidur mengalami mimpi yang aneh. Ada beberapa teori ilmiah yang mengatakan bakteri dan jamur yang terdapat pada kejulah penyebabnya. Keju mengandung bahan psikoaktif yang memiliki potensi untuk mempengaruhi mimpi. Namun tidak semua mimpi buruk itu disebabkan oleh keju.
  12. Langit Malam Berwarna Merah, Penggembala Akan Senang
    Ada pepatah tua yang mengatakan, "Jika langit malam berwarna merah, maka pelaut/penggembala akan senang, jika langit pagi berwarna merah, maka pelaut/penggembala harus waspada." Apakah itu benar?
    Menurut Library of Congress, ada penjelasan ilmiah untuk hal ini:
    "Ketika langit malam berwarna merah, matahari yang terbenam mengirimkan cahaya melalui partikel debu berkonsentrasi tinggi, mengindikasikan udara yang stabil dan bertekanan tinggi datang dari arah barat. Artinya cuaca baik juga akan mengikuti. Matahari terbit yang berwarna merah berarti sistem tekanan tinggi (cuaca baik) sudah lewat, mengindikasikan bahwa sistem badai (tekanan rendah) akan bergerak ke arah timur. Langit pagi yang berwarna merah pekat menyala mengindikasikan kandungan air yang tinggi di atmosfer. Jadi akan terjadi hujan." 
  13. Madu Dapat Menekan Batuk 
    Menambahkan madu dan lemon dalam teh ketika batuk parah bukan lagi hanya sebuah mitos. Studi menunjukan bahwa anak-anak yang memiliki infeksi saluran pernapasan atas akan menjadi lebih baik jika diberikan satu sendok makan penuh madu daripada mereka yang diobati dengan obat batuk dan flu umum.
    Alasannya adalah madu merupakan penawar rasa sakit, yang membentuk membran mukosa yang meredakan iritasi di area yang terinfeksi. Madu juga merupakan antibakteri, yang digunakan sejak dulu untuk menyembuhkan luka dan mengurangi infeksi.
  14. Wortel Dapat Membantu Penglihatan

    Pada artikel yang saya pos sebelumnya ditulis wortel tidak dapat meningkatkan penglihatan. Itu memang benar. Lalu bagaimana dengan anggapan selama ini yang berkata wortel baik untuk penglihatan? Nah, itu juga benar.
    Wortel memang ada hubungannya dengan penglihatan yang bagus, namun makan banyak wortel tidak akan membuat penglihatan Anda jadi sempurna. Wortel mengandung beta-karoten yang membantu memproduksi vitamin A, bahan utama untuk kesehatan mata. Namun vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan mata, menghindari katarak, dan sedikit meningkatkan penglihatan malam hari - tapi tidak menjadi setajam mata kucing.

No comments:

Post a Comment