Translate

Tuesday 24 May 2016

10 Trik Microsoft Word yang Mungkin Tidak Diketahui

Siapa yang tidak kenal dengan Microsoft Word? Program ini selalu setia menemani dalam membuat dokumen apapun mulai dari surat, menulis cerita hingga menulis skripsi. Namun masih banyak yang belum tahu bahwa program ini mempunyai trik yang bisa membantu mempermudah kita dalam mengelola dokumen. Apa sajakah itu?
  1. "Find and Replace" Beserta Format Tulisan
    Dengan menekan "Ctrl + H" maka tampilan "Find and Replace" akan muncul. Namun tampilan ini hanya akan mengkoreksi semua kata yang kita taruh di textbox "Find what" tanpa mengubah format tulisan. Untuk mengubahnya cukup tekan tombol "More >>" dan akan muncul tampilan "Search Options" yang bisa mengganti format kata / kalimat yang diinginkan sewaktu "Replace"

  2. "Shift + F5" Untuk Jalan Pintas dalam Scrolling
    Dengan "Shift + F5", kita bisa berloncat-loncat diantara bagian-bagian paling aktif pada file kita.

  3. "Ctrl + K", Cara Cepat Selain "Insert -> Hyperlink"
  4. Selain "Caps Lock", Ada Juga "Ctrl + Shift + A" Untuk Huruf Kapital
    Shortcut ini berfungsi membuat kapital kata yang diblok secara otomatis, juga untuk mengubah huruf kapital menjadi huruf biasa.

  5. Membuat Kertas Portrait dan Landscape Sekaligus Dalam Satu File


    Pertama, tentukan dulu halaman atau paragraf yang akan diatur menjadi portrait atau landscape. Kemudian klik "Page Layout -> Page Setup. Pada tab "Margins" pilih "Portrait" atau "Landscape" dan pada pilihan "Apply to:" pilih "Selected Text".
    Cara lain untuk orientasi halaman adalah pilih tab "Page Layout" -> "Breaks" di toolbar. Kedua cara ini juga bisa dipakai untuk pengaturan nomor halaman dokumen skripsi atau buku.

  6. Membuat Format Tulisan Tertentu Secara Otomatis


    Biasanya ini terjadi dalam skripsi, dimana ada format tertentu saat menulis skripsi yang diwajibkan dosen atau fakultas. Tapi, pasti ribet jika harus membuat format yang sama terus menerus per bab dan dibuat manual. Namun ada cara yang mudah agar format tersebut ter-setting otomatis. Pada tab "Home", klik panah ke bawah pada bagian "Styles" untuk mencari template yang tepat atau klik "Save Selection as a New Quick Style" -> "Modify" untuk membuat style baru.

  7. Mengatur "Paste" Agar Memudahkan Menulis Referensi URL dan Tidak  Otomatis Menjadikannya Hyperlink
    Pasti kita sering ribet saat paste tulisan dari situs website ke Word dan hasilnya tidak sesuai dengan format Word kita atau format yang kita inginkan sehingga harus diedit lagi. Namun dengan opsi ini kita bisa mengaturnya. Tekan tombol logo "Office" (kiri atas) -> "Word Options" -> "Advanced". Disitu bisa dilihat pada bagian "Cut, copy, and paste", opsi-opsi untuk pengaturan paste yang diinginkan.

  8. "Layout Options" Untuk Berbagai Pengaturan Lanjutan
    Agar rata kiri dan kanan benar-benar sempurna atau berbagai pengaturan lanjutan lainnya agar tampak profesional dan formal, klik logo "Office" -> "Word Options" -> "Advanced". Pada bagian "Compatibility options for:", klik tanda "+" di samping "Layout Options" untuk memunculkan sederet fungsi lanjutan dalam pengaturan tulisan.

  9. SPIKE Untuk Cut Paste Banyak Item Memilih beberapa paragraf acak dari sejumlah dokumen kemudian paste di satu file sekaligus kini bisa dilakukan dengan operasi yang bernama SPIKE. Caranya blok kata yang ingin di-cut dan tekan "Ctrl + F3". Blok bagian lainnya lagi dengan cara yang sama. Jika ingin undo SPIKE terakhir, tekan +"Ctrl + Z". Jika sudah cukup, paste dengan "Ctrl + Shift+ F3". Semua yang sudah di-cut tadi tampil rapi di file baru.
  10. Atasi Hilangnya Dokumen Dengan Tips Rahasia Ini
    Klik "File" -> "Open", pilih file yang rusak dan ambil command "Recover Text From Any Files" dari daftar tipe file (kanan bawah).

No comments:

Post a Comment